Monday, May 19, 2008

what fairy tales mean to me...


hey semuanyaa..kembali bersama saia..coba lyat pose jaim saia dengan buku dongeng itu! udah lyat? nah, buku dongeng bertajuk *halah* SLEEPING BEAUTY adalah hartaku yang berharga, sayangnya baru sadar punya pas hari sabtu..mungkin karena udah lamaa bangeth galyat, aku jadi baru tau aku punya..sleeping beauty sendiri tuh crita princess favorit aku sepanjang masa deyh..jadi aku senengggg bangetttthhh bisaa nemuin buku ini lagih! maka dari itu marii qta berbicara tentang dongeng sepanjang postingan inii..

sebenernya buku itu sendiri ktemu pas aku lagih berberes buku2 di 2 rak berdebu nan padat di garasi rumah demi pemindahan buku itu ke rak yang baru jadii..coba lyat gambar di bawah..jangan, jangan lyat punggung mbak sum yang membelakangi kamera, tapi lihatlah 2 rak yang terlihat di belakang tempatku duduk di foto pertama ituu..nahhh..dari situlah asal buku2 yang lagi dilap dan ditumpuk..terkesan neverending bangeth emang, saking banyaknya buku2 komikku sama majalah2 di situ..foto kedua hanya menunjukkan foto saia yang ngelapin komik dengan muka non-jaim..haha..gasempet pose deh..

klo ditilik dari sejarah masa kecil dan dunia perdongengan sihh aku ga begitu terbiasa dulu..mau tidur didongengin? jarang bangeth! sekalinya dongeng pasti klo ga keong mas, bawang merah bawang putih, ya lomba kura2 kelinci itu..hahaha..yah gitu deyh, tapi aku sendiri seneng baca, jadi dari buku2 cerita anak2 dan sebangsanya aku baru tau banyak crita dongeng..dan kebiasaan caritau dongeng tuh malah kebawa sampai sekarang..aku ga peduli koQ dibilang aneh karena masii suka dongeng mendongeng plus ngoleksi buku2 seputar sleeping beauty..menurutku itu asyik, menarik..salah satu bentuk pemanjaan diri buat aku! coba deyh klo lagi stress trus baca dongeng, pasti stress nya ilang..paling ga, qta bisa ngelepasin diri sejenak dari pemikiran2 yang butuh logika ruwet..itulah kenapa, aku ga suka klo denger orang bilang, "apaan sih loe..baca dongeng..dongeng tuh buat anak kecil.."..dongeng gabuat anak kecil aja, dongeng buat qta semua..tau ga knapa? dongeng tuh efektif bangeth buat menimbulkan daya kreatifitas qta lho *sok tau mode: on*..hehe..sekedar pendapat!

berapa tahun belakangan, aku keingetan pernah baca beberapa cerita berkesan di sebuah buku kumpulan dongeng, tapi karena kebanyakan buku kumpulan dongeng itu punya sepupuku, jadi buku2 itu sendiri di rumah tanteku..aku nyari2 di gramed buku yang jadi tujuanku karena pengen kubeli, tapi koQ gada yang kaya di ingetanku..aneh juga..sampai pas bersih2 kemaren aku nemu buku DUNIA DONGENG (James Riordan)..pas aku buka..ASTAGA! ternyata beberapa crita yang kucari itu ada di buku iniii!!! kaget dan seneng bangethh..bayangin aja..
isi buku ini tuh kumpulan dongeng yang dirangkum sama pengarangnya..keren bangeth..dari mana2 deh asal dongengnya..buku ini terbitan gramedia dan tahun terbitnya 1986 (maklum, buku warisan)..merasa pernah punya buku ini?

hampir semua dongeng di buku ini aku suka, selain critanya bagus2, gambarnya juga keren2..dari semuanya aku paling suka cerita yang ini, Kisah Kelana sang Angin (dari Afrika)..critanya soal kehidupan Angin, yang dipanggil Frish..akhirnya dia jatuh cinta dan nikah, trus punya 3 anak yang juga bisa ngendaliin angin di dunia..^^ pas kecil aku sampe sering bangeth bilang 'frishhhh..' gitu biar angin dateng..


crita yang aku juga suka judulnya Putri Birubaba Penguasa Rawa (Rusia)..trus gambar yang paling aku suka tuh yang di halaman ini..entah kenapa klo lyat warnanya keren bangethhh..trus gimana githu..susah dijelasin, tapi aku suka bangeth gambar ini!

selanjutnyaaa..crita dewa2 bulan dari Ceko..di sini critanya anak yang tersiksa disuruh sama mama tirinya cari bunga2 yang gamungkin ditemuin di musim dingin, eh karena dia anak baik, pas ktemu sama dewa2 bulan yang bantuin dia ngubah cuaca bentar2 buat dapetin bunga2 yang diperintahin dia ambil..keren ga sih ngebayangin klo qta yang ngalamin dongeng itu? ^^

gambar trakhir ini crita dan gambarnya aku suka juga..judulnya Dorani (India)..intinya ini tuh nyeritain pangeran yang jatuh cinta ke si dorani yang rambutnya wangii bangeth..sayangnya dorani masii terikat sebagai dayang penyanyi di istana angan2..

masii banyak crita yang aku sukaa banget, contohnya putri kodok sama pemantik ajaib..semua ada di buku ini..dunia dongeng emang gada abisnya ya? aku menghargai dongeng, soalnya dongeng itu cermin kehidupan qta. gada salahnya kan klo qta belajar dari dunia anak2? ^^

5 comments:

The Moron's said...

Wuaa~
Dongeng!!
Masalah Moral dan Imajinasi, Dongeng emang TOP banget dah!!
Aku juga suka koQ baca dongeng!!
Blajar banyak dari sana..
Kadang kalo ada buku dongeng yang tipis" itu[apa seh namanya, Seri Dongeng Dunia' Yha?], wa ga malu-malu wat baca.
Hehe..

Paling suka Pinokio dech pokokna!!
Hehe

Lauretta Liu said...

hehe..pinokio ya..
di buku dongeng ini juga ada lho..^^

sis said...

Iya ta pernah merasa punya buku ini... :P

Lauretta Liu said...

haha..
ternyata bner yaph..
makasii cc..^^

nidandelion pedestrian said...

i loooooove this book!ini slh satu buku yg plg kusuka,msh sering kubaca smp SMP.sayang bgt aku kehilangan buku ini...kalau ada info di mana bisa nemuin buku ini,pls contact me.or would you mind to scan this book and seand it to me, please?i'm dying to enjoy the stories and the illustrations again.and yeah, this is a very great books. the stories were written beautifully,yet the illustrations were magnifique