Saturday, February 02, 2008

it's rain(ing)

hello..hello..hello..
*bukan lagu dangdut lho..*

it was raining, yeah..so damn hard dan menjadi banjir..

ini adalah sebuah cerita tentang air dan siklusnya dan tukang ojek dan mosi2..
mari kita mulai..

jumat tanggal 1 februari adalah hari di mana aku, lezl, gerald dan tim kelas X (dave, put, alfons) pergi ke tanjung duren, tepatnya di smpk8 buat mengikuti lomba debat bahasa inggris sePENABUR. karena janjiannya sama miss vita langsung ketemu di sana, qta yang kelas XII udah menyusun rencana buat pergi ke sana bareng2..janjinya sih jam 6 qta ngumpul di skul, biar bisa berangkat pagi2 tanpa kena macet dan tiba tepat jam 8 sesuai undangan lombanya...
aku bakal cerita dengan sub bab biar ga bingung..


SEORANG LELAKI DAN PAYUNG MICKEY MOUSE

qta mulai aja cerita ini dengan kisah seorang lelaki bernama gerald.g.sitorus, 3rd speaker tim debat senior smak7 yang mengenakan payung hitam bermotif muka2 mickey mouse pinjeman (dari aku) yang dengan gagah berani nunggu di kalimalang untuk nyariin taksi yang bisa memuat qta bertiga buat berangkat ke tanjung duren..sayangnya hari itu hujan (ya iyalah..klo ga mana mau dia pake payung kaya gitu) mengguyur dengan derasnya..setelah setengah jam berlalu, taksi gada yang bisa dipanggil..penuh semua deh..
coba qta tilik kondisi di tempat lain..aku (yang sepagian dibuat panik karena dengan bodohnya gabawa dasi sama iket pinggang..untung ada stefan sama yoyo..makasih ya boleh pinjem..) sama lesly sedang menunggu kabar dari gerald sambil duduk2 di warung opik, ngobrolin motion, sama makan soyjoy..^__^;

yah..gitu deyh pokoknya..stelah setengah jam lebih 5 menitan..aku sama lesly mutusin bwat jalan juga ke kalimalang, secara kasian banget lah si gerald..sendirian, hujan..cape lagi..pasti stress deyh nyari taksi..sambil lari2an karena hujan mulai bner2 ga bersahabat, aku sama lesly nyampe di kalimalang en ktemu sama gerald..stelah ngomong cpet2 dan mendapati kenyataan klo taksi sama semua kendaraan yang agak nyaman buat dikendarai itu penuh..yawda, qta mutusin bwat naek ojek ampe depan ukrida..
waktu udah makin mepet..dan hujan masi lumayan ga deres, walopun udah mulai nyebelin..
aku bilang,' les, ger, qta beneran mau naek ojek? gw..kayanya bakal susah deh..ini bakal jadi kali kedua gw naek..kayanya bakal kasian tuh tukang ojeknya..kan katanya aku tuh klo dibonceng gitu gerak2, bikin yang nyetir jadi susah..'..nah lho...akhirnya jadilah qta bertiga naek ojek..

pertama2 yang berasa banget adalah..duduk menyamping di ojek itu emang beneran gaenak deyh..tapi aku gada pilihan laen, karena, sesuai peraturan, rok aku tuh cukup panjang melebihi lutut..jadi ya..tau sendiri donk? kedua..ngojek di jalanan macet adalah enak!!! hahaha...soalnya bisa nyalip2..walopun yang bikin deg2an adalah knalpot motor2 lain itu..ketiga..karena qta lewat jalan kampung seberang kalimalang..yang berasa adalah mendadak dugem! hehe..bukan gitu sih tepatnya..tapi jalannya yang grenjel2 dan berbatu en sama skali ga mulus itu bener2 bikin qta bergetar tiada henti..tapi semua itu belum cukup parah klo mengingat HUJANNYA!

hujan yang tadinya masih bisa dibilang rintik2 dan ga berasa karena kecepatan motornya itu makin lama makin nambah gitu gedenya..dan aku yang baru sadar gitu pas agak jauh kalau ternyata rambutku itu udah kaya pralon dikasi aer..jadi nyalurin airnya ke arah bawah (pangkuan gw) yang tak laen tak bukan adalah tempat tas gw (yang berbahan kain)..astaga! gataw deyh..gimana isinya udah ga kebayang..ada hape juga di dalemnya lagi! sambil berdoa biar ga telat, aku juga berdoa biar ga tiba2 ngesot dari motor, dan semoga cepet nyampe..sambil merenungi nasib dan berusaha melihat dalam hujan..ada sebuah pemandangan ga terlupakan..aku ngeliat pemandangan lesly yang notabene bertubuh besar dan tinggi itu membonceng di ojek sambil berusaha nutupin bagian atas badannya pake 'terpal' yang dipake sama tukang ojeknya..hahaha..klo dicritain doank sih ga lucu2 amat, cuma pas itu aku sampe senyum sendiri..=D

setelah berbagai hambatan dan rintangan yang harus dilalui mas ojek itu bersama gw.. (i love you mas..wkwk)..aku sama lesly berhenti di terowongan deket ukrida..maaf ya..aku gataw jalan, jadi klo ditanya persisnya di mana, pasti kujawab ya di situ lah..aku gataw nama jalannya..
fiuh..damai langsung di hati begitu nyampe di dalem..dan baru berasa gitu betapa basahnya aku! kaya abis dicelupin ke dalam kolam trus diangkat lagi..bneran..aku ga hiperbola! basah sebasah2nya..luar dalem, depan belakang...tapi tetep santai sih..aku sama lesly trus langsung cari2 gerald..mana ya anaknya? koQ ga muncul2? akhirnya lesly telepon gitu ke dia..ternyata! dia malah udah melaju lebih dulu dari qta dan nyampe di halte busway terdekat! langsung deyh qta susul dia ke sana..apalagi 2 tukang ojek itu juga kayanya semngat gitu nyari temennya..

perjalanan ke halte busway itu malah lebih parah lagi..hujannya ga makin reda plus jalanan lebih ga bersahabat dan sering2nya kakiku nyaris keserempet knalpot panas..hiyaa..makasih ya mas2 ojek sekalian, kalian penyelamat kami..C=
entah karena situasi yang begitu absurd, jam yang udah mau menunjukkan betapa telatnya qta, ato faktor qta udah mulai gila karena qta anak ipa, yang pasti begitu nyampe di halte itu en berteduh plus ktemu gerald..aku sama lesly tuh ketawa2 gitu..gajelas deyh..setelah ngobrolin kemungkinan qta buat pergi ke sana dan lesly mastiin dengan nanya miss vita (katanya qta masi ditunggu), gerald lagi2 harus bawa2 payung itu dan keluar halte busway buat nyari taksi (soalnya dia paling mending/kering..paling ga mendingan lah daripada qta berdua yang basah kaya cumi2)..aku sama lesly nunggu sambil ngobrol2 betapa hal2 gila bisa terjadi sekaligus dalam beberapa saat..trus dalam ketawa ketiwi ga jelasnya qta..qta nyinggung2 blog! ternyata pikiran qta sama gitu..bahwa kisah ini (bahasanya...) harus diabadikan dalam blog2 qta..sayang banget sih klo dipikir..coba ada yang ngerekam..soalnya aku nulis ini sambil mikir klo kata2 itu bner2 gabisa menggambarkan situasi gajelas pas itu..apalgi tatapan orang2 dalem busway yang lewat ato yang di sebelah yang nyuri2 liat..mungkin mikir 'gila nih anak sma, madol trus keujanan kali ya? dasar anak2 zaman sekarang..'..satu yang bikin aku ga habis pikir sampe sekarang adalah waktu itu aku ngerasa 'oke, gw ga keberatan kaya gini..it's fun..kalaupun qta nanti didiskualifikasi, qta bisa nonton adek kelas tanding, lagipula..kapan lagi bisa kaya gini?'
emang mengejutkan kadang2, di situasi yang ga bersahabat qta bisa bersyukur, tapi ini bner nyata..pas itu emang bener2 saat di mana aku pengen bersyukur..

KETIKA PINTU TAK BISA MENUTUP

setelah menit2 yang lama, akhirnya gerald dapetin taksi (makasi ya ger, aku ama lesly tau banget koQ gerald udah mati2an nyari2 gitu..makasih banget pokoknya, itulah salah satu sisi baik dia, di samping sifat arogan dia yang lebih sering keliatan, dia mau berusaha..)..qta langsung deyh nyebrang jalan dengan kalapnya dan naek ke taksi..yah..keliatan tuh muka bapak taksinya yang langsung males banget ngeliat 2 lagi cumi2 basah naek ke taksinya..blom cukup air2 yang qta bawa ke dalem..lesly yang duduk di depan gabisa nutup pintu taksinya (yang ternyata keganjel di trotoar..seberat itukah kami bertiga???)..makin kecut aja tampangnya si bapak taksi, untung dia ga nyap2 sama qta lho...

di jalan, qta kabar2an sama miss vita dan nanya kemungkinan qta masih ikut lomba..dan syukurlah..baru 2 tim doank yang nyampe di sana dari total 14 tim..ternyata emang jakarta macet bangeth..di taksi, gerald menemukan sebuah fungsi baru dari vest aksen..yaitu..HANDUK! benar skali..anda ga salah baca..qta make vest2 qta buat ngeringin badan..dan aku udah berusaha memperbaiki kondisi rambutku yang udah kaya wewe gombel..haiz..sambil melakukan usaha2 pengeringan ga henti, qta ngomongin gosip di skul sampe akhirnya ngomongin pak harto..gara2nya gerald tuh bilang, ' dia beneran mati ga sih? koQ gw ga percaya ya..'. yang bikin aku sama lesly bingung..maksudnya apa toh? ternyata si gerald tuh gapercaya dan mikir bisa aja pak harto pura2..nah lho..setelah pak harto qta pun ngomongin dunia politik (berat bangeth kayanya...ga ampe yang canggih lho!)..dan pak taksi masih membisu..

jam mulai menunjukkan pukul 8 lebih2 gitu..dan qta dapet kabar bahwa lomba bakal mulai jam 9 (klo gasalah)..dengan casebuild 30 menit terlebih dulu..qta minta ijin tetep ikut, klo perlu qta tanpa casebuild2an..hajar aja deyh..qta bahkan mikir, klo bneran pasti kalah, qta bakal tukeran posisi antar sepaker biar makin gila debatnya..hahaha..setelah kontak mengontak dan perjalanan yang lumayan ngebut mendekati akhir, qta dapet kabar tentang motion 1st prelim buat qta, yaitu 'This House Would Ban Junk Food Advertisements' dengan lawan SMAK3a..aduh..ampun dj..itu tuh senior ya, dan qta udah pernah kalah sekali dari tim itu di lomba di SMAK5..yawda..seperti juga whole in the wall...siap atau tidak siap, hadapilah debatmu!!!!

MERAH KUNING BIRU SYALALA

setiba di tanjung duren (di mana gedung2 penabur di sana berwarna merah shocking, kuning, sama biru bold yang 'penabur bangethhhh'), qta langsung menuju ke gedung smpk8 yang baru itu...(btw, makasih ya pak taksi, yang telah begitu tabah..mungkin dia langsung bersih2in mobilnya pake aer kembang 7 rupa setelah insiden cumi2 basah nya qta..)..hohoho..
sayangnya, qta yang menuju ke lantai..4 atao 5 ya, harus tabah dengan kenyataan gada lift..qta pun sukses meninggalkan jejak2 basah di ubin2 tangga..(serasa film horor gitu ga sih??)..abis nyari2 kelas, qta ktemu juga sama miss vita..ajaib juga qta bisa dateng dengan waktu casebuild tersisa 20 menitan..(thank GOD bangeth!)..yang paling2 cuma qta pake 10 menit aja..sisanya tuh bwat ngobrol dulu sama miss (maaf ya, udah bikin khawatir) dan ke toilet..qta casebuildnya sambil sedikit menyamping gitu kaya putri duyung di lantai..soalnya baju qta yang basah semua itu bener2 bikin pantat dingin klo duduk gitu aja..untungnya qta kebagian negative side, jadi tinggal menegasi semua pernyataan gov..(ga sesimple itu siyh..tapi paling ga mendingan daripada qta jadi gov..masa waktu mpet harus mikir proposal lagi??)..

untung aja pas debat qta ga terganggu sama basah2 itu..dan berusaha menampilkan yang terbaik..(hmm..iyakah??)..pokoknya di akhir debat kali itu qta bertiga tebak2 marginnya..aku-lesly tebak2 selisih margin kalah sedangkan gerald dengan pede bilang qta pasti menang dan ikutan tentuin margin...untungnya qta menang! ga nyangka banget...TUHAN emang bener2 gada duanya..C= luv HIM so..debat kedua lawan SMAK 5b, kali ini preferences qta sendiri yang tentuin..dan ternyata qta dapet 'We would abolish national examination'..

di debat kedua..qta dapet gov side, jadi nentuin definition juga kan..nah qta tentuin uan nya itu bwat sma..harus dihilangkan dengan alasan gabisa jadi standard yang merupakan tujuan utama adanya uan itu sendiri, sebagai solusi qta menawarkan adanya tes seperti spmb dan sejenisnya klo emang mereka butuh semacam poin2 bwat masuk ke tempat kuliah, sisanya klo gamaw kuliah, ya cukup uas aja..cuma, betapa fantastisnya saat aku denger..mereka bertiga gataw yang namanya spmb, dari omongannya yang bahkan gabisa ngeja spmb dengan benar..kayanya mereka buta sekali dengan kata2 itu..wow...anak sma lho padahal..paling ga pernah denger donk??? kacau deyh..debat kedua qta menangin juga..trus pas qta memandang nun jauh di sana (sekitar jam1/2 12 an waktu itu)..telah terjadi tragedi komplek PENABUR tanjung duren lautan air tawar alias banjir setinggi pahaaaa...waaaawww...dan kabar dari temen2 sesama peserta yang bilang skul2 mereka semua udah memulangkan anak2nya gitu..aksen juga koQ..
dengan alasan banjir itu pula, pendamping dari gading bilang, 'waduh..anak2 saya udah ga konsen nih..kepikiran rumah..he-eh..gimana ini..' dan selanjutnya bilang koQ qta bertiga bisa tenang2 aja...padahal siyh..anak2nya dia juga tenang koQ..santai aja gitu..^^; haduh..

setelah itu jam makan siang..yang aku dapet tuh makanan yang isinya banyak dan beragam gitu sebungkus..bayangin ya..ada kering tempe, oseng2 tempe, kacang panjang, kecambah, telor kecap sebutir, brokoli, cumi2 telor (waw, qta donk??), nasi banyak bangeth..waduh..aneh deyh isinya! tapi enak..banyak lagi..kenyang deyh..abis makan, qta ngobrol2 sama anak kelas X..ternyata mereka kalah sekali menang sekali..putri malah sempet dapet best speaker..dan klo diliat buat pertama kali debat tuh, prestasi mereka bagus bangethhh..bangga skali sama mereka..dan mereka yang mulai debate addict gitu..senangnya ada penerus!! semangath ya!!
sambil ngobrol qta makan soyjoy..hehehe..trus sempet juga pada ilang bwat ngecek payung2 di bawah..mereka2 sempet foto2 pula..hehe..narsis gada matinya..

lanjut lagi ke 3rd prelim (panitia penyelenggaranya emang nekat bangeth ya..padahal di luar bukan hujan doank, udah badai yang bikin semua cengo ngeliatin jendela gitu..)..lawan qta adalah SMAK1b yang malah adalah seniornya (minus si andre sukarno) yang merupakan tak laen dan tak bukan adalah tim yang jadi lawan qta sekaligus menang pas pertama aku, gerald, ervand lomba debat di binus e-com (round zero)..dejavu? pastinya..tapi aku ga kerasa terintimidasi koQ..soalnya pas itu kan emang qta kalah karena first time qta tuh murni tanpa pernah tau debat tuh kaya apa sistemnya..motion kali ini adalah 'THW support nuclear power plant in Indonesia'..motion yang udah ditunggu2 sama lesly..

debat itu berlangsung alot..apalagi aku yang udah ngerasa pasrah bangeth (fyi posisi terakhir qta ada di peringkat 4 dan mereka 2, setelah 3rd prelim, 14 tim akan dipangkas jadi 4 aja bwat semifinal) mendapat ketenangan berlebih..jadinya aku bawain case itu dengan penampilan terbaikku ever (yang pertama bilang gitu lesly lho..dan aku sendiri cukup puas klo itu jadi debat terakhirku yang bener2 akhir)..ternyata hal yang sama terjadi ke gerald..dia tampil bagus bangeth..jadi lesly makin keras berusaha..setelah semua usaha qta dan kepasrahan qta..ternyata qta kalah dengan margin 1,3..not bad bangettttthhh...mengingat ada gap jam terbang antara tim qta juga..itu bener2 margin yang tipis..yawda..qta dengan hati gembira ke debaters hall lagi bwat penutupan lomba hari itu..

kejadian aneh terjadi pas head adju nya maju dan bilang urutan yang maju ke babak final: smak1a, smak1b, smak7a, smak 5 (entah a to b, lupa..)..pas denger nama tim qta..otomatis qta bertiga mangap kaya ikan gitu..itu momen yang bner2...bner2..ga terkatakan!!! seneng campur haru campur2..geez...DIA mahabaik!!!!

selanjutnya adalah memikirkan cara pulang..di tengah banjir dan kepanikan..(mama juga kabar2in terus, dari ga panik sampe mulai panik lho, sampe telpon auntie sgala..maaf ya membuat panik banyak pihak..)

UDIKERS

setelah boleh pulang..semua (kecuali aku) pada makan dulu dan berniat naik mobil alfons buat pulang..ternyata mobilnya gabisa jalan gitu..kena banjir kata sopirnya..so, qta sebagai anak yang bersekolah di cipinang dengan cerianya memutuskan maen di banjir..ahaha..bahkan sempet juga ada tragedi gerald ngesot beserta hapenya pas qta mau foto rame2 bareng anak2 smak3..qta reflek ketawa dulu gitu baru khawatir..maaf ya..
biz itu qta beneran jalan2 di komplek situ di banjir2..ampe satpam2 pada ngeliatin..dasar anak2 cipinang..para udikers..santai bener..ampe diteriakin juga ama panitia dari atas..qta bilang mau foto2..hahaha..bneran lho qta berfoto..bahkan sempet naik ke perahu karet itu lho..waa..senangnyaaaa...hihihi..setelah puas maen, qta nongkrong di SMAK1 sampe malem, keculai gerald yang duluan (katanya dia naek trantib, gerobak, berkali2 gitu nyampe rumahnya..gara2 disuruh cepet pulang sama mamanya)..untung juga ada dane yang nemenin aku ngobrol en jalan2 di dalem sana..C=..jam 8an, setelah banjir jauh surut dan supir alfons yang ditunggu klar makan, dengan bensin nyaris menunjukkan huruf E (bikin deg2an..), qta cabut pulang! hore!!!! segala ketidakpentingan dan kengantukan dan ketiduran di mobil gawsa dicritain deyh..akhirnya aku diturunin di wong solo pondok kelapa dan dijemput di sana..C=

thank GOD yang sangat baik..DIA tahu semua yang terbaik buat qta..dan slalu menyertai aku yang sering murtad ini..sekian dulu tmen2..udah pagi niyh..nanti klo ada tambahan kutambahin lagi, foto2 menyusul..nite all..

1 comment:

burung kakak tua said...

Yupzy...
Senangnya membaca hal2 lucu yang qta alami bersama ituwh...

You go girl..

I've just started off making my own jadi ntar tak kabari,,,